Pulau Liukangloe


Pulau Liukang Loe adalah sebuah pulau kecil di lepas pantai bagian selatan Pulau Sulawesi, dengan jarak sekitar 3,5 kilometer dari Pantai Bira dan Pantai Bara. Untuk mencapai Pulau Liukang Loe, dapat menggunakan perahu dari Pantai Bira atau Pantai Bara dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

Pulau Liukang Loe merupakan pulau karang dengan luas kurang dari 6 kilometer persegi. Terdapat dua pantai di Pulau Liukang Loe, yaitu pantai bagian utara dan pantai bagian selatan. Namun wisatawan umumnya hanya mengunjungi pantai utara Pulau Liukang Loe.

Di pantai utara Pulau Liukang Loe terdapat fasilitas penginapan dan rumah makan. Bagi wisatawan, menginap di Pulau Likuang Loe akan merasakan sensasi seperti di private island. Di pulau kecil ini, penduduk dan wisatawan hanya sedikit, tidak banyak aktivitas ekonomi.

Berjalan atau jogging menyusuri dua kampung di Pulau Liukang Loe juga merupakan alternatif wisata yang menarik. Di kedua kampung Pulau Liukang Loe, yaitu Tabuntuleng di pantai utara dan Pasilohe di pantai selatan, masih banyak terdapat rumah adat yang eksotis.

Laut dangkal di sekitar Pulau Liukang Loe merupakan lokasi yang sangat bagus untuk snorkeling dan menyelam. Selain itu, di Liukang Loe juga terdapat penangkaran penyu. Di penangkaran penyu, wisatawan dapat berfoto dan berenang bersama penyu.