Pembuatan Kapal Pinisi

Tanjung Bira adalah sentra pembuatan kapal Pinisi. Di Desa Bira terdapat satu lokasi pembuatan kapal Pinisi, yang terletak di Pantai Panrang Luhu. Selain di Desa Bira, kapal Pinisi juga dibuat di Kelurahan Tanah Beru dan Kelurahan Tanah Lemo.

Kapal Pinisi yang dibuat di Desa Bira pada umumnya adalah kapal Pinisi berukuran besar, yang digunakan sebagai kapal wisata. Sedangkan kapal Pinisi yang dibuat di Kelurahan Tanah Beru dan Kelurahan Tanah Lemo bervariasi dari kapal Pinisi kecil hingga kapal Pinisi besar, yang digunakan sebagai kapal wisata maupun kapal dagang.

Pembuatan kapal Pinisi di Tanjung Bira menggunakan teknik tradisional, tanpa gambar rancangan, dan menggunakan peralatan yang sederhana. Pekerja pembuat kapal Pinisi adalah warga Desa Bira dan sekitarnya, yang belajar membuat kapal secara turun temurun.

Pembuatan kapal Pinisi di Tanjung Bira dilakukan di bibir pantai, di mana bagian haluan kapal menghadap ke laut. Pada saat kapal Pinisi selesai dibuat, maka kapal tersebut akan ditarik ke laut oleh ratusan orang. Pembuatan kapal Pinisi dan proses pelepasan kapal ke laut merupakan atraksi wisata yang menarik.

This Post Has 2 Comments

  1. Randi

    Benarkah pekerja kapal pinisi di Bira seluruhnya masyarakat Bira?
    Yang saya tahu kalau pembuat (masterpiece) kapal Phinisi adalah orang dari desa Ara!

    1. editor

      Betul, secara tradisional mmg pekerja pembuat perahu dari Desa Ara. Yang dimaksud “Tanjung Bira dan sekitarnya” disini adalah termasuk Desa Bira, Desa Ara, dan desa-desa lain di semenanjung Bira karena mungkin saja pekerjanya tidak hanya warga Desa Bira dan Desa Ara, bisa juga desa lainnya di Bulukumba (misalnya: Tanah Beru, Tanah Lemo, Darubiah, dll)

Leave a Reply